DOA AGAR ANAK SHOLEH SHOLEHAH

Tantangan hidup kedepan akan semakin berat untuk anak-anak kita dalam mencetak generasi khoiru ummat setidaknya disebabkan oleh  dua hal.
Pertama, kehidupan dengan sistem hidup sekuler , serba bebas menjadikan anak-anak kita bergaul bebas tanpa batasan-batasan yang jelas. Kedua, penghidupan dan upaya meraih rizki yang halalan thoyyiban semakin sulit, sehingga mengakibatkan bercampurnya rizki halal dengan subhat, atau bahkan bercampurnya rizki yang halal dengan yang haram. menyebabkan anak susah diatur dan sulit menerima kebenaran orang lain. Na’udzubilahi min dzalik.
Oleh karena itu, berikut ini ada beberapa langkah orang tua dalam menjaga dan memelihara anak agar menjadi anak yang sholeh dan sholehah :
1. Selalu menjaga rizki yang masuk ke perut si anak kita tetap halal, jangan samai tercampur dengan yang haram. Hindari penghasilan yang haram, semisal muamalah riba, mencuri, menipu dan semisalnya.
2. Selalu menasehati anak tidak pernah lelah dan terus  menerus serta mengupayakan anak berada dalam lingkunan yang terbaik, semisal pesantran atau jika dirumah , didorong bergabung pada komunitas positif lainnya.
3. Hendaknya Orang tua selalu berdoa, disepanjang waktu  dengan doa yang ada di dalam al qur’an, karena dalam al Quran terdapat sebaik-baik doa dan permohonan.  Doanya adalah  sebagai berikut :

رَبِّ أَوْزِعْنِىٓ أَنْ أَشْكُرَ نِعْمَتَكَ ٱلَّتِىٓ أَنْعَمْتَ عَلَىَّ وَعَلَىٰ وَٰلِدَىَّ وَأَنْ أَعْمَلَ صَٰلِحًا تَرْضَىٰهُ وَأَصْلِحْ لِى فِى ذُرِّيَّتِىٓ ۖ إِنِّى تُبْتُ إِلَيْكَ وَإِنِّى مِنَ ٱلْمُسْلِمِينَ

“Ya Tuhanku, tunjukilah aku untuk mensyukuri nikmat Engkau yang telah Engkau berikan kepadaku dan kepada ibu bapakku dan supaya aku dapat berbuat amal yang saleh yang Engkau ridhai; berilah kebaikan kepadaku dengan (memberi kebaikan) kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertaubat kepada Engkau dan sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berserah diri“_( QS Al Ahqof 46:15)
_______________________
*hendaknya Dibaca rutin  setiap setelah sholat wajib dan sunnah, atau dalam waktu-waktu yang mustajab lainnya *
____________________________
Demikian semoga anak-anak kita menjadi anak yang soleh dan sholehah. Amin ya Rabbal ‘alamin.

Leave a comment