Cara Islam agar Sembuh dari Berbagai macam Kecanduan

Secara istilah, Kecanduan atau ketagihan adalah saat tubuh atau pikiran kita dengan buruknya menginginkan atau memerlukan sesuatu agar bekerja dengan baik. Kita disebut pecandu bila kita memiliki ketergantungan fisik dan ketergantungan psikologis terhadap zat psikoaktif, contohnya alkoholtembakauheroinkafeina, nikotin. Zat psikoaktif ini akan melintasi sawar darah otak setelah dicerna, sehingga mengubah kondisi kimia di otak secara sementara.

Kecanduan juga bisa dipandang sebagai keterlibatan terus-menerus dengan sebuah zat atau aktivitas meskipun hal-hal tersebut mengakibatkan konsekuensi negatif. Kenikmatan dan kepuasanlah yang pada awalnya dicari, tetapi perlu keterlibatan selama beberapa waktu dengan zat atau aktivitas itu agar seseorang merasa normal ( https://id.wikipedia.org/wiki/Kecanduan)

Dalam ringkasan buku Sembuh dari Kecanduan karya Ust Abu Alya, disebutkan ada beberapa faktor penyebab secara umum kecanduan:

(1). Adanya kecintaan saat bermaksiat (2). Adanya kenikmatan saat bermaksiat sehingga meresap dalam hati ( menjadi pemicu untuk mengulanginya) (3). Adanya kesempatan dan instrument untuk melakukan nya  (4). Merasa aman dan nyaman atas perbuatanya  (5). Kurangnya pemahaman  dan control keimanan  yg kuat 

Didalam Islam ada 5 langkah terapi secara umum untuk menghentikan candu keburukan  :

  1. Istigfar (memohon ampunan) , seorang pecandu rokok, alkohol , game online atau apapun yang negatif terlebih dahulu harus menyadari, dengan kesadaran yang kuat bahwa perbuatannya itu dosa, jika seorang pecandu rokok yang menganggap rokok dianggap tidak dosa, maka dirinya harus memastikan dan mempunyai alasan mengapa harus berhenti merokok. Semisal perbuatan merokok tersebut adalah merusak kesehatan dan perbuatan sia-sia yang tidak bermanfaat . Sehingga konsep taubat dan mohon ampun pada Allah pada perbuatan yang jelas karena termasuk perbuatan dosanya atau perbuatan yang telah mensia-siakan amal juga harta, yang dibenci Allah.

2. Istianah (memohon pertolongan), pada tahap ini setidahnya seorang yang kecanduan menyadari bahwa dirinya tidak berdaya menghadapi candu yang telah menguasai jiwanya, maka dirinya harus menyadari butuh pertolongan , dan Allah sebagai Zat yang Maha penolong, dan sebaik-baik tempat meminta pertolongan.

3). Istiadzah (memohon perlindungan). Perlindungan ini maknanya adalah perlindungan dari bahaya keburukan akan candu, juga keburukan para pelaku candu serta keburukan para pembisik agar terus melakukan perbuatan yang telah menjadi candu bagi dirinya.

4). Istirja (berserah diri). Pada tahap ini seseorang harus benar-benar pasrah pada Allah atas ikhtiar yang sudah dilakukan agar Allah berkenan membebaskan dari perilakuburuk menjadi perilaku sesuai syariat Nya.

5) Istiqomah (konsisten dalam Al Haq). Istiqomah disini adalah tahap terakhir , yaitu dengan niat yang kuat untuk berjalan di jalan yang haq, menjalankan apa yang diperintahkan Allah dan benar-benar meninggalkan apa yang dilarang Allah. Allahu a’lam bi ash-showab

Referensi :

SInopsis Buku “Sembuh dari Kecanduan” karya Ust Abu Alya,

Leave a comment