3 SEBAB UTAMA DATANGNYA BENCANA

Pada 5 tahun terakhir, berbagai bencana terus menerus menimpa negeri ini. Namun entah mengapa, belum ada kesadaran ummat untuk merenungi, lalu kembali pada jalan-Nya. Alih-alih merenungi, kebanyakan ummat ini melihat bencana hanya dari sudut pandang fenomena alam saja. 

Barangkali, mungkin, Allah perlu turunkan bencana yang lebih dahsyat lagi agar ummat ini mau berfikir (semoga tidak terjadi). 

SEBAB DATANGNYA BENCANA

Coba kita lihat, sepanjang tahun 2020 saja ada 4.650 kejadian bencana alam, dan sepanjang tahun 2021 ada 5.402 bencana. Tahun 2022 ini sampai November sudah ada 2650 bencana, menurut BNPT. Terakhir gempa Cianjur, menewaskan 321 orang ( update 27/11/2022), 73.874 orang mengungsi.

Allah sudah tunjukkan kekuasaanNya, ribuan kali tiap tahunnya,..masih kurang apa lagi ?….

Jika dilihat dari sudut pandang Al Quran, ada _*3 Sebab utama*_ datangnya bencana , yaitu : 

Pertama, Disebabkan Dosa-Dosa Manusia

( Dan bencana itu Akan sirna jika kembali ke jalan yang benar)..

Dalilnya adalah : 

 ✓ QS. Yaasin ayat 19

قَالُوۡا طٰۤٮِٕـرُكُمۡ مَّعَكُمۡؕ اَٮِٕنۡ ذُكِّرۡتُمۡ ؕ بَلۡ اَنۡـتُمۡ قَوۡمٌ مُّسۡرِفُوۡنَ

Mereka (utusan-utusan) itu berkata, “Kemalangan kamu itu adalah karena kamu sendiri. Apakah karena kamu diberi peringatan? Sebenarnya kamu adalah kaum yang melampaui batas.”

✓ Ar Rum ayat 41 : 

ظَهَرَ الْفَسَادُ فِي الْبَرِّ وَالْبَحْرِ بِمَا كَسَبَتْ أَيْدِي النَّاسِ لِيُذِيقَهُمْ بَعْضَ الَّذِي عَمِلُوا لَعَلَّهُمْ يَرْجِعُونَ

Telah tampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia; Allah menghendaki agar mereka merasakan sebagian dari _(akibat) perbuatan mereka_ , agar mereka kembali (ke jalan yang benar).

Kedua, Karena Orang Baik Diam

 ( Musibah akan terus terjadi, sampai orang saling amar ma’ruf nahi munkar dalam setiap kemaksiyatan)

Dalam Alquran Surah al-Anfal ayat 25 Allah berfirman : 

وَاتَّقُوا فِتْنَةً لَا تُصِيبَنَّ الَّذِينَ ظَلَمُوا مِنْكُمْ خَاصَّةً وَاعْلَمُوا أَنَّ اللَّهَ شَدِيدُ الْعِقَابِ (25) }

Dan peliharalah dirimu dari siksaan yang tidak hanya menimpa orang-orang yang zalim saja di antara kamu. Ketahuilah bahwa Allah sangat keras siksa-Nya.

Maka, berdiam diri dan acuh dengan kemaksiatan bukanlah sikap seorang Mukmin. Amar ma’ruf nahi mungkar dan bersatu dalam barisan jamaah dakwah adalah amal cerdas orang yang beriman. 

Ketiga, Ujian dan Rahmat Allah

( Sifatnya tidak terus menerus dan beruntun, seperti fenomana di negeri ini)

Bencana bisa jadi akan menimpa kaum beriman, tapi itu sebagai ujian keimanan dan kesabaran, serta keberkahan, karena besarnya pahala yg akan didapat.

Terhadap point ketiga ini , sikap kita hanya sabar dan mengucapkan innalillahi wa inna ilaihi roji’uun.

 Dalam QS al-Baqarah, 2: 155-157 Allah SWT berfirman : 

وَلَنَبْلُوَنَّكُمْ بِشَيْءٍ مِنَ الْخَوْفِ وَالْجُوعِ وَنَقْصٍ مِنَ الأمْوَالِ وَالأنْفُسِ وَالثَّمَرَاتِ وَبَشِّرِ الصَّابِرِينَ (155) الَّذِينَ إِذَا أَصَابَتْهُمْ مُصِيبَةٌ قَالُوا إِنَّا لِلَّهِ وَإِنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُونَ (156) أُولَئِكَ عَلَيْهِمْ صَلَوَاتٌ مِنْ رَبِّهِمْ وَرَحْمَةٌ وَأُولَئِكَ هُمُ الْمُهْتَدُونَ (157) }

_Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepada kalian dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa, dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar (yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan, “Inna lillahi wainna ilaihi raji’un.” Mereka itulah yang mendapat keberkatan yang sempurna dan rahmat dari Tuhannya, dan mereka itulah orang-orang yang mendapat petunjuk_.

Demikian uraian _*3 hal penyebab datangnya bencana*_ ini kami tulis semoga memberikan pemahaman bersama dan sebagai bentuk instruspeksi kita bersama. _Allah a’lam bi ash-shawab_

( _*MH AlQondaly*_)

Leave a comment